Cara Menanam Cabe Agar Cepat Berbuah dan Menguntungkan

Cabe banyak dimanfaatkan buat memasak aneka masakan nusantara. Hingga tidak heran bila warga mulai panik kala harga cabe melonjak naik. Demi prediksi supaya keuangan rumah tangga terpelihara, tidak terdapat salahnya Kamu belajar metode menanam cabe di rumah.

Banyak tipe cabe yang dapat ditanam di taman rumah. Apalagi kala rumah Kamu berdiri di lahan yang sangat terbatas, Kamu senantiasa dapat menanam cabe di polybag. Triknya gampang serta penjaannya juga tidak begitu susah.

Cara Menanam Cabe

Metode Menanam Cabe Gampang serta Instan dengan Polybag!

Perihal awal yang butuh dicoba yakni memilah tipe cabe yang hendak ditanam. Antara lain terdapat cabe rawit, cabe merah besar, cabe keriting, cabe jalapeno sampai paprika yang populer dalam dunia kuliner. Dalam bercocok tanam senantiasa terdapat tata metode yang mesti dimengerti.

Teruntuk menanam cabe di polybag, ikuti triknya berikut ini supaya kilat berbuah.

1. Memilah serta Menyemai Bibit Cabe

Bibit cabe yang Kamu butuhkan dapat dengan gampang Kamu beli di toko tumbuhan. Tetapi, apabila Kamu mau buatnya sendiri pasti gampang dicoba. Triknya memilih cabe yang telah matang, kupas kulitnya kemudian kumpulkan bijinya serta jemur sampai kering. Pakai air hangat buat merendam bibit sepanjang 3 jam saat sebelum disemai.

Langkah berikutnya, siapkan polybag berdimensi kecil. Isi dengan tanah serta pupuk dengan perbandingan 3: 1, aduk sampai tercampur rata. Tempatkan pada ruang yang teduh serta nyaman dari hujan dan panas. Diamkan sepanjang 1 minggu.

Tebarkan benih yang telah disiapkan. Tutupi dengan tanah setinggi 1 centimeter. Jangan kurang ingat buat menyiramnya tiap hari. Penyemaian bibit cabe dicoba sampai usia 4 minggu.

2. Menanam Cabe

Sebagian minggu lalu, Kamu dapat memandang kalau bibit cabe saat ini sudah berkembang jadi tumbuhan. Saat ini saatnya Kamu memindahkannya ke lahan yang sudah disediakan buat melepaskan perkembangan akarnya. Dapat taman depan ataupun balik rumah Kamu. Yakinkan Kamu menguasai metode menanam cabe di tanah.

Langkah dini, tanah tersebut wajib digemburkan serta diberi pupuk lebih dahulu. Pindahkan tumbuhan cabe dengan metode membebaskan polybag secara hati- hati. Bila mau yang lebih instan, Kamu dapat memakai polybag yang bertabiat biodegradable ataupun ramah area supaya tidak butuh melepasnya kala dipindahkan ke dalam tanah.

3. Pemupukan Cabe

Cabe tercantum tumbuhan yang rentan terserang hama, sehingga wajib teratur dicoba pemupukan. Manfaatkanlah pupuk kompos ataupun organik. Dapat Kamu buat sendiri dengan memakai kotoran hewan, semacam kambing, sapi serta yang lain.

4. Perawatan Tumbuhan Cabe

Rawatlah tumbuhan cabe dengan teratur menyiramnya tiap hari, pada pagi serta sore hari. bilas rumput serta tumbuhan liar yang lain yang berkembang di dekat tumbuhan cabe. Cek secara perinci apabila terdapat hama ataupun hewan lain yang mengusik perkembangan tumbuhan cabe.

Bila Kamu melaksanakan segala langkah metode menanam cabe di atas dengan baik, hingga dapat ditentukan tumbuhan cabai Kamu hendak berkembang produktif serta kilat berbuah. Dengan begitu, Kamu dapat memakainya buat peningkat cita rasa tiap kali dibutuhkan. Wah, menyenangkan ya!

Tidak ada komentar untuk "Cara Menanam Cabe Agar Cepat Berbuah dan Menguntungkan"